Paket Harga Kambing Aqiqah Terbaik Tahun 2024 Purwakarta

Harga karkas kambing aqiqah tahun ini akan lebih murah jika Anda memilih untuk membeli paket lengkap. Hal ini berbeda dengan mencari, mengolah, dan mendistribusikan hewan pedaging aqiqah sendiri. Sementara biaya operasional untuk melakukannya sendiri akan lebih mahal. Kemudian, ada juga tenaga yang harus Anda curahkan untuk setiap prosesnya.
Paket Hemat Aqiqah menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia. Meskipun Anda menggunakan paket dari penyedia jasa aqiqah, hal ini sesuai dengan hukum dan aturan Islam. Termasuk mendapatkan keutamaan dan keberkahan saat menunaikan aqiqah.
Sebelum itu, ada baiknya kita pahami dulu apa arti aqiqah. Dalam konteks bahasa Arab, aqiqah merupakan istilah yang berarti “akikah” yang berarti rambut di kepala bayi. Dan, menurut definisinya, aqiqah berarti hewan yang sengaja dibunuh dengan maksud atau untuk kebaikan kesehatan bayi dengan cara memotong rambut di kepalanya.
Oleh karena itu, pada hari ini GB Farm Animal Husbandry akan membahas secara mendalam tentang seluk-beluk aqiqah. Dimulai dari update biaya kambing aqiqah tahun ini dengan memprioritaskan pelaksanaan aqiqah dan penerapan syarat-syarat untuk melengkapi paket aqiqah.

Harga Kambing Aqiqah Berdasarkan Jenisnya

Lalu, berapa harga kambing aqiqah? Faktor yang menentukan mahal atau tidaknya seekor kambing untuk aqiqah bisa ditentukan dari jenis, umur/usia kambing, jenis kelamin, dan variabel lainnya. Ada dua jenis hewan yang bisa di aqiqah, yaitu kambing atau domba. Tidak diperbolehkan menggunakan hewan lain seperti kelinci, ayam, burung, ikan, dan sebagainya.
Semakin diminati jenisnya, semakin besar ukurannya dengan pasangan seksual pejantannya, tentu harganya semakin mahal. Khususnya, harganya lebih mahal dari kambing biasa (karena sah menurut hukum syariat) untuk ukuran sedang atau besar dan jenis kelamin betina untuk wanita.
Untuk kambing, berikut ini kami rangkum beberapa jenis kambing yang paling umum digunakan untuk aqiqah di Indonesia. Selain hemat biaya, ternyata jenis kambing ini juga populasinya sangat banyak.
1. Kambing Kacang
Apakah termasuk kambing lokal? Ukuran kecil atau sedang tentu saja harganya murah. Harga kambing aqiqah yang sudah dewasa bisa mencapai 1 juta. Karena harganya yang murah, kambing kacang ini biasa dijadikan hewan kurban sekaligus aqiqah.
2. Kambing Gibas atau Domba
Apakah Anda termasuk kambing berbulu tebal? Dreadlocks, atau yang biasa kita sebut domba. Harga domba memang lebih murah dibanding kambing, karena secara fisiologis domba lebih mudah dirawat dan dagingnya, seperti yang banyak dikatakan orang, jauh lebih empuk dibanding kambing. Jadi, kambing gibas atau domba ini layak untuk dijadikan kambing aqiqah buah hati Anda.
3. Kambing Etawa dan Kambing Ras Etawa (PE)
Kambing etawa dapat dikatakan sebagai salah satu jenis kambing perah (penghasil susu) yang masih digunakan sebagai hewan aqiqah. Kekurangan kambing etawa adalah dagingnya tidak sebanyak jenis kambing pedaging lainnya karena fokus utamanya adalah produksi susu.
Sedangkan kambing ras etawa (PE) merupakan hasil persilangan antara kambing etawa dengan kambing lokal. Kambing PE cenderung memiliki kualitas daging yang lebih tinggi dan mampu menghasilkan susu dengan kualitas yang tinggi (kambing dwiguna).
Harga kambing aqiqah ras etawa dan PE sedikit lebih mahal dibandingkan kambing Kacang maupun kambing Gibas. Harganya bervariasi antara 1-2 juta tergantung ukuran dan usianya. Dari keempat jenis kambing aqiqah di atas, dapat dipastikan bahwa kambing Kacang atau kambing Gibas yang paling dikenal.
Keutamaan dan Hikmah Melaksanakan Aqiqah
Jika mampu melaksanakan aqiqah tanpa kesulitan, orang tua akan merasa tenang dan senang. Hal ini dikarenakan anak akan terjamin aqiqahnya menurut para ulama. Pendapat mereka pun beragam.
Pertama, anak yang meninggal sebelum mendapatkan aqiqah, yaitu syafaat dari seseorang kepada orang tua atau kerabatnya, akan digadaikan di hari kiamat. Kedua, aqiqah digadaikan untuk menjaga anak dari segala macam bahaya selama mereka hidup di dunia. Ketiga, menggadaikan aqiqah agar anak terbebas dari segala macam gangguan setan.
Selain itu, melaksanakan aqiqah memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Berikut ini adalah beberapa panduan bagi orang tua yang akan mengaqiqah anak-anaknya.
1. Upaya Terpuji untuk Menjalankan Sunnah Rasulullah SAW
Harga kambing aqiqah yang murah, namun tidak sama dengan menunjukkan bahwa kita mencintai Rasulullah. Dengan melaksanakan aqiqah, ini merupakan upaya mulia untuk menegakkan sunnah sekaligus membuktikan bahwa kita mencintai Islam.
2. Ungkapan Rasa Syukur kepada Allah
Aqiqah juga merupakan ungkapan rasa terima kasih kepada orang tua dan keluarga atas kelahiran dan keselamatan anaknya. Ucapan selamat kepada anak dan ucapan selamat kepada ibunya. Sangat penting untuk membiasakan diri bersyukur agar umat Islam tidak mudah marah karena keadaan.di dunia.
3. Bukti Kepedulian terhadap Sesama Manusia
Melaksanakan aqiqah dapat mempererat tali silaturahmi hablum minannas, karena daging yang dimasak akan dibagikan kepada masyarakat sekitar. Hal ini menunjukkan kepedulian terhadap sesama manusia, khususnya mereka yang tidak dapat merasakan nikmatnya memasak daging kambing.
4. Hikmah Aqiqah Mempererat Persaudaraan
Aqiqah juga dapat mempererat tali ukhuwah antar tetangga, saudara, dan orang-orang yang berkepentingan. Dalam acara aqiqah, tentu Anda akan mengundang saudara dan tetangga terdekat untuk saling bersilaturahmi.
Aqiqah bayi dapat memberikan sejumlah hikmah atas kelahirannya ke dunia. Mulai dari doa-doa yang dipanjatkan banyak orang untuk keselamatan buah hatinya, hingga pahala terbebas dari kutukan setan dan terbebas dari kotoran/penyakit.
Ketentuan Aqiqah dalam Islam
Untuk tata cara pelaksanaan aqiqah, kita harus melihatnya dari sejumlah sudut pandang. Selain itu, aspek hukum aqiqah, yaitu tanggal pelaksanaan, syarat hewan aqiqah, shalat, dan syarat orang dewasa yang boleh melakukan aqiqah. Berikut ini adalah penjelasan rinci tentang beberapa segi dan ketentuan aqiqah dalam Islam.
1. Hukum aqiqah
Sebagian besar ahli berpendapat bahwa hukum aqiqah sunah adalah muakkad. Yaitu sunah yang sangat diperhatikan (hampir sebagai suatu keharusan). Pendapat ini dikemukakan oleh Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad, dan Abu Tsur.
Berikut ini pernyataan dari Imam Hasan Al Bashri dan Al Laits Ibn Sa’ad yang menyatakan bahwa aqiqah hukumnya wajib. Dari kedua pendapat tersebut, aqiqah merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh hikmah dan keutamaan yang sangat besar di hari kiamat.
2. Waktu Pelaksanaan Aqiqah
Waktu terbaik untuk melaksanakan aqiqah adalah pada hari ke 7-14 atau hari ke 21 setelah kelahiran. Namun, Anda dapat melaksanakan aqiqah di hari-hari lainnya, yaitu pada hari kelahiran bayi hingga bayi mencapai usia akil balig (dewasa).
3. Syarat Aqiqah Kambing
Berikutnya, syarat hewan aqiqah adalah hanya boleh dua ekor, yaitu domba atau kambing. Anjuran yang paling tepat adalah dua ekor kambing, satu ekor jantan dan satu ekor kambing betina. Usia kambing aqiqah yang paling baik adalah lebih dari dua belas bulan (1 tahun). Dengan demikian, daging kambing aqiqah dan masyarakat sekitar dapat mencukupi kebutuhan daging kambing aqiqah.
Kambing atau domba yang akan dikawinkan harus dalam kondisi yang benar-benar sehat, tidak cacat, dan tidak terlalu kurus. Untuk peternakan Gibas Barokah, Anda dapat memilih kambing mana yang paling cocok untuk diaqiqah. Hal ini dapat dilakukan dengan panggilan audio (video call).
4. Sholat Aqiqah
Selain itu, ada niat yang khusyuk dalam hati untuk melaksanakan aqiqah, atau niat untuk memperlihatkan tata cara pelaksanaan aqiqah kepada orang-orang di sekitar. Tahap selanjutnya adalah sholat yang terbagi menjadi sholat ketika menyembelih hewan aqiqah dan sholat ketika mencukur rambut anak. Setelah mencukur rambut, orang tua harus meniup ubun-ubun anak sambil membaca doa keselamatan.
5. Aqiqah untuk Orang Dewasa
Tergolong sebagai kejadian khusus yang belum mendapatkan aqiqah. Bagaimana hukum orang yang sudah baligh, tetapi belum mendapatkan aqiqah dari orang tua, mungkin saat itu orang tuanya belum mampu, atau mungkin orang tuanya telah meninggal dunia? Apakah boleh seseorang melakukan aqiqah sunah untuk diri sendiri?
Menurut pendapat para ulama, tidak ada batasan untuk melakukan aqiqah secara perorangan. Oleh karena itu, bagi mereka yang sudah melewati masa pubertas dan sudah dewasa namun belum sempat untuk melaksanakan aqiqah, bisa saja melakukannya sendiri. Namun, mereka tetap bisa mendapatkan manfaat dari keutamaan aqiqah.